Sabtu, 03 Desember 2011

Software as a Service (SaaS), Cloud Computing part 2 (Tugas PTI part 2)


Software as a Service adalah layanan untuk penggunaan software aplikasi tertentu dengan meng-akses-nya melalui internet sehingga penggunannya tidak perlu malkukan instalasi software aplikasi tersebut untuk memanfaatkan fungsinya. Contoh sederhana dari kategori ini adalah Webmail, Game Online, Google Docs, CRM (Customer Relationship Management)

Untuk memanfaatkan fungsi-fungsi dari aplikasi tersebut penggunanya hanya perlu mengakses alamat layanan tersebut melalui internet, misalnya untuk memiliki email pribadi tidak perlu memiliki mail server sendiri dan mail client sendiri, cukup dengan membuat akun di gmail atau yahoo lalu dapat membaca email akun tersebut dengan mengakses alamat http://www.gmail.com dan http://mail.yahoo.com kapanpun dan dimanapun lokasi kita selama bisa terhubung dengan internet. Game online pun termasuk kategori SaaS karena game bisa dimainkan melaui perambah internet tanpa perlu melakukan instalasi dikomputer penggunanya.
Demikian juga misalnya untuk membuat file dokument atau spreadsheet atau presentasi, bisa memanfaatkan layanan GoogleApp dari google, yaitu dengan mengakses docs.google.com dengan autentikasi menggunakan akun yang kita daftarkan ke GoogleApp. Dengan begitu kita bisa membuat document seperti menggunakan software aplikasi Office (MS.Office Word, Excel, PowerPoint, OpenOffice, dll) secara online tanpa harus melakukan instalasi software aplikasinya.
Berikut ini video tentang contoh menggunakan dan memanfaatkan layanan Google Docs.

Keuntungan menggunakan layanan SaaS adalah pengguna software aplikasi tersebut tidak perlu membeli atau mendownload dan melakukan instalasi software yang ingin digunakan, tapi cukup dengan mengakses layanan tersebut melalui internet dengan biaya yang telah ditentukan oleh penyedia jasa SaaS yang tentunya jauh dibawah harga software yang harus dibeli jika ingin memiliki software aplikasi tersebut.
Dengan kata lain, layanan ini adalah menyewakan fungsi software aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna untuk dimanfaatkan fungsinya secara online melalui internet sehingga penggunanya tidak perlu membeli software aplikasi tersebut dan tidak perlu melakukan instalasi di komputer, cukup dengan menggunakan perambah internet (browser: IE, Firefox, Opera, Chrome, dll) karena aplikasi dari SaaS adalah web-based-application dengan memanfaatkan teknologi web 2.0.
Sumber : http://naufal.assagaf.com/2011/02/24/software-as-a-service-cloud-computing-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar