Selasa, 24 Juli 2012

Pengenalan Pascal (Pengantar Pemrograman part 1)


Pascal ,  merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.. Pascal dirancang oleh Prof. Niklaus Writh (Technical University di Zurich, Switzerland) pada tahun 1971. Nama Pascal diambil sebagai penghargaan kepada Blaise Pascal (ahli matematika dan philosopi dari Peancis).

Sebelum karyanya pada Pascal, Wirth telah mengembangkan Euler dan ALGOL W dan kemudian melanjutkan untuk mengembangkan Pascal seperti bahasa Modula-2 dan Oberon

Awalnya, Pascal sebagian besar, tetapi tidak eksklusif, dimaksudkan untuk mengajarkan para siswa pemrograman terstruktur.  Sebuah generasi dari siswa menggunakan Pascal sebagai bahasa pengantar dalam kursus sarjana. Varian dari Pascal juga sering digunakan untuk segala sesuatu dari proyek penelitian untuk game PC dan embedded system . Kompilator Pascal yang lebih baru ada yang banyak digunakan.

Pascal adalah bahasa tingkat tinggi utama yang digunakan untuk pembangunan di Apple Lisa , dan dalam tahun-tahun awal Mac. Bagian dari asli Macintosh sistem operasi adalah tangan diterjemahkan ke dalam Motorola 68000 bahasa assembly dari sumber Pascal. Para populer typesetting sistem TeX oleh Donald E. Knuth ditulis di WEB , yang asli pemrograman melek sistem, berdasarkan Desember PDP- 10 Pascal, sedangkan aplikasi seperti Total Commander , Skype dan Macromedia Captivate ditulis di Delphi (Object Pascal). 

Object Pascal masih digunakan untuk mengembangkan aplikasi Windows. Sebuah versi cross-platform yang disebut Free Pascal , dengan Lazarus IDE, populer dengan pengguna Linux sejak menjanjikan tulis sekali, mengkompilasi mana saja , pengembangan.

STRUKTUR PROGRAM PASCAL

ü  Struktur minimum program pascal
Program pascal yang paling sederhana adalah yang hanya terdiri dari kata cadangan begin dan end.


Begin
End.
 
 






Kemudian
 
Begin
Writeln (‘Namaku adalah Firman’);
End.
 


Yang perlu diperhatikan adalah setiap statemen perbarisnya harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).

ü  Struktur lengkap (umum) program pascal

Program [nama_program];
Judul Program
Uses [nama_unit];
Label [daftar_label];
Const [identifier]=[konstanta];
Type [identifier]=[tipe_data];
Var [identifier]=[tipe_data];
Procedure [nama_procedure](parameter);
                    [blok pernyataan procedure];
Function [nama_function](parameter);[tipe_data]
                 [blok pernyataan procedure];
Bagian deklarasi
{Komentar program ini tidak di eksekusi}
(*yang ini juga tidak di eksekusi*)
Bagian Komentar
Begin
          ---statement
         Begin
                    ---statement
         End;
End.
Bagian Pernyataan

Tipe Data

1.       Tipe Data Sederhana
a.       Tipe Ordinal  (berurutan), tipe data yang merupakan subset dari tipe data sederhana, tipe sederhana adalah semua tipe data sederhana kecuali tipe data numerik real. Yang termasuk tipe data ordinal :
       Integer, merupakan tipe data untuk bilangan bulat (short int, word, byte dll).
       Boolean, merupakan  tipe data yang memiliki nilai TRUE dan FALSE
       Char, merupakan  tipe data yang berisi 1 buah karakter.
       Terbilang, digunakan untuk  memberi nama pada beberapa nilai tertentu (tipe data yang didefinisikan sendiri oleh pembuatnya , dikenal juga tipe data enumerated)
       Sub Jangkauan, digunakan untuk mendeklarasikan tipe yang berada pada jangkauan tertentu. Pada dasarnya tipe subjangkuan hampir sama dengan tipe bilangan bulat, bedanya kita bebas menentukan jangkauan dari tipe ini, misalnya dari 1 sampai 100.
b.      Real, merupakan  tipe data untuk menampung bilangan pecahan.

2.      Tipe data String, merupakan tipe data yang terdiri dari sekumpulan karakter.

3.       Tipe data Terstruktur , terdiri dari array, record, set, file, objek

Kelebihan Bahasa Pemrogaman Pascal

·         Tipe Data Standar, tipe – tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemograman. Pascal memiliki tipe data standar : boolean, integer, real, char, string, dll.

·         User Defined Data Type, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.

·         Strongly – Typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variable, dan variable tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.

·         Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi – fungsi kecil (procedure dan function) yang dapat dipergunakan berulang – ulang.

·         Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar