Kamis, 10 November 2011

Resume Kuliah PTI Tanggal 10 November 2011 (Tugas PTI Part 1)

Pada tanggal 10 November 2011, kelompok 9, kelompok 10, kelompok 11, dan kelompok 12 mendapat giliran untuk mempersentasikan hasil makalahnya.


- Materi kelompok 9 adalah "Definisi dan Tren Perkembangan Teknologi Web Dianmis".

Web merupakan salah satu fasilitas yang ada di internet. Web sendiri adalah kumpulan dokumen-dokumen multimedia yang saling terhubung satu sama lain yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext transfer protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan “browser” seperti Google chrome, Mozzila Firefox, Opera, netscape Navigator, Safari, Flock, Internet explorer dan masih banyak lagi.

Secara umum web dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu web dinamis dan web statis. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari isi jenis web itu. web dinamis adalah jenis web yang isinya selalu berubah-ubah. contoh web dinamis adalah web berita dan web perdagangan (e-commerce).  Sedangkan web statis merupakan jenis web yang isinya tidak berubah-ubah.Biasanya web jenis ini dibuat menggunakan teknologi HTML yang isinya tidak dapat diubah kecuali dengan cara merubah langsung isinya dari file aslinya.

Namun persentasi kelompok 9 dinilai gagal oleh dosen, karena sumber makalah persentasinya hanya satu. Dosen kemudian memberikan tambahan materi pada makalahnya, yaitu:
1. Perkembangan web dinamis
2. Perbedaan HTML dan PHP


- Materi kelompok 10 adalah "Definisi CMS dan perkembangan CMS Joomla".


CMS atau Content management system, adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan memanipulasi isi dari suatu situs Web.

Salah satu aplikasi dari CMS yang open Source diantaranya adalah Joomla!. Joomla! adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL.

Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla! menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basis datanya.

Kelompok ini juga dinilai gagal oleh dosen karena masalah yang sama dengan kelompok 9.
 

- Materi kelompok 11 adalah "Perkembangan CMS Wordpress", namun kelompok 11 tidak diizinkan untuk persentasi oleh dosen, karena memiliki masalah yang sama dengan kelompok 10, yakni tidak memiliki akun pada materi yang dipersentarikan, yaitu akun Wordpress.

- Materi kelompok 12 adalah "Definisi Blog dan Macam-macam Blog". Kelompok ini diizinkan untuk persentasi karena sudah memiliki blog.


Blog sendiri berawal dari kata Web Log. Rangkaian kata dari John Barger yang dicetuskan pada tahun 1998 ini dimaksudkan kepada pengguna computer yang memiliki web dan sering memposting di dalamnya. Dengan menyingkatkan kata istilah Web Log menjadi Blog, Istilah Blogpun akhinya semakin marak digunakan dalam dunia Web.

Blog pada awalnya dibuat oleh Evan Williams, pendiri dan pemilik dari Pyra Labs pada tahun 1998 dengan nama Blogger.com. Penciptaan Blog ini pada mulanya tidak mendapatkan respon dari kalangan umum. Namun seiring waktu berjalan, ketenaran dari Blogger.compun semakin meninggi, hingga mencapai masa populernya di tahun 2002. Kepopuleran Blogger.com tenyata menarik minat Google.com untuk mengakusisikan Aplikasi ini, dengang membayar ratusan milyar, Blogger.compun diakusisikan oleh Google.com pada tahun 2003. Otomatis, beberapa apikasi premium milik Blogger.com yang awalnya berbayarpun menjadi ‘Open Source’.

Saat ini, blog terus berkembang pesat. Tidak hanya bertambah jumlah penggunanya, jumlah layanan open source pihak ke-3pun dan Aplikasi blog lain pun semakin bertambah. Contohnya untuk layanan pihak 3 diantaranya dengan kehadiran feedjit, wibiya, histats, Scribd dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk aplikasi Blog lain diantaranya ada wordpress, blogsome, blogster, Microsoft Windowslive space, dan masih banyak lagi.


Pada akhir kuliah, dosen memberikan kesempatan kepada kelompok 9, kelompok 10, dan kelompok10, untuk mempresentasikan makalahnya lagi minggu berikutnya dan memberikan tugas kepada mahasiwa/i yaitu, membuat resume kuliah hari ini (10 November 2011) dan cara agar blog kita berada di halaman utama Google (menggunakan fasilitas SEO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar