Sabtu, 22 Oktober 2011

Dibalik Tugas HTML

Tugas praktikum HTML diberikan pada tanggal 11 Oktober 2011, asisten yang memberikan tugas tersebut kak Nurfuaidah Suardi atau biasa dipanggil kak Fidah.

Setelah diberikan tugas, malam harinya saya langsung mengerjakannya dengan setengah mengantuk. Alhasil, pada pagi hari saya mengeceknya dan ada yang kurang. Kurang tagnya, kurang gambarnya, dan masih ada kurang lainnya. Kemudian saya memperbaikinya setelah pulang dari kuliah. Saya juga mengedit isi HTML dan menambahkan dua halaman HTML, yaitu Pelajaran.html dan Hiburan.html.


Ada masalah saat saya mengedit isi HTML. Saya membuat link yang merujuk kepada persentasi, namun persentasi tersebut tidak muncul. Hal ini saya biarkan karena ada masalah yang lebih besar lagi.
Pada Pelajaran.html, berisi materi kuliah Matematika Dasar 1 untuk semester 1 dan materi kuliah Biologi dari pertemuan 1 sampai pertemuan 7. Pada Hiburan.html, berisi soundtrack music video Kamen Rider.
Hiburan.html menjadi masalah karena video tersebut tidak terputar seperti di Youtube. Saya pun bertanya kepada teman-teman saya, namun tidak ada yang tahu. Saya mencari di internet, namun cara yang digunakan membutuhkan ekstensi .webm, sementara saya tidak menemukan video converter yang merubah ke ekstensi tersebut. Akhirnya, saya memasukkan satu video dengan tag dan ekstensi .flv. Hasilnya, untuk melihat video tersebut harus di-download terlebih dahulu. 

Pada ACC pertama, saat kak Fidah melihat tugas HTML saya, saya bertanya mengenai masalah persentasi yang tidak muncul. Kak Fidah kemudian mengedit link-nya dengan menambahkan tanda kutip pada nama file. Kata Kak Fidah, kadang file tersebut tidak kalau tidak diberi tanda kutip. Saya juga bertanya masalah video yang tidak terputar, kak Fidah kemudian menyarankan menggunakan ekstensi .mp4.

Pada saat ACC terakhir, setelah softcopy tugas HTML saya dikumpulkan, kak Fidah melihat video saya masih menggunakan ekstensi .flv. Kemudian dia menyarankan untuk menggunakan tag dengan ekstensi .mp4 dan video tersebut berhasil terputar meskipun terlambat karena tugasnya sudah dikumpul. Terima kasih, Kak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar